PROGRAM UNGGULAN RUMAH SANTRI

 

Ada beberapa keunggulan yang kami tawarkan kepada para orang tua dalam sistem yang kami rancang, karena sistem pendidikan rumah santri kreatif ini pada dasarnya adalah penggabungan pola pendidikan pesantren klasik dengan pola pendidikan homeschool, sehingga beberapa masalah yang ada dipesantren, dan kekurangan yang dirasakan dalam menjalankan homeschool kami jadikan sebagai pijakan dalam mencari sistem pola pendidikan yang kami anggap lebih baik dan terarah.

Disamping pelajaran-pelajaran umum dan agama yang dipelajari di sekolah dan pesantren, kami memberikan beberapa tawaran yang kami anggap sebagai unggulan kepada para orang tua dalam sistem pendidikan yang kami jalankan, diantaranya:

       #Pertama : Mata Pelajaran dan kurikulum.

  1. Santri Mendapatkan pelajaran Umum sebagaimana layaknya sekolah umum merujuk kurikulum DIKNAS dengan beberapa penyesuaian karena mereka akan mengikuti ujian Nasional agar mereka mendapatkan Ijazah Resmi SMP/SMU.

  2. Santri mendapatkan pelajaran agama dan ilmu syariat sebagaimana layaknya pesantren, karena pada dasarnya rumah santri adalah pesantren namun dalam sistem yang sedikit berbeda.

    #Kedua : Jumlah santri yang dibatasi dalam setiap rumah:

  1. Rumah santri Asy-Syifa’ membuat sistem pendidikan dengan pola rumah santri (homeshcooling) yang bertujuan untuk membatasi jumlah santri dalam satu rumah, sehingga santri lebih terawasi perkembangan dan diketahui secara lebih maksimal potensi yang dimiliki santri untuk dikembangkan.

  2. Dengan santri terbatas semua masalah yang mengganggu perkembangan dan mempengaruhi pemikiran dari santri dapat segera diketahui dan di carikan solusi dalam menghadapinya.

  3. Dengan jumlah santri yang terbatas dalam rumah santri akan memudahkan mengarahkan dan membimbing bakat dan minat santri sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

  4. Kebutuhan pendidikan dan bimbingan mental santri secara personal akan lebih mudah terkontrol dan lebih focus dalam bimbingannya.

  5. Santri lebih terbatasi dalam pengaruh luar dirinya dari berbagai pribadi sesama santri karena jumlah yang terawasi satu sama lain dalam lingkup yang lebih mudah terawasi.

 

       #Ketiga: Sistem Asrama dalam rumah Santri

  1. Dengan sitem Asrama bertujuan untuk membatasi santri dari pengaruh lingkungan atau suasana yang tidak mendidik dalam pertumbuhan dan perkembangan pemikiran santri.

  2. Dengan sistem asrama santri program pendidikan lebih focus dan terkonsentrasi pada pelajaran tanpa pengaruh luar.

  3. Pembinaan mental dan penerapan ilmu-ilmu syariat dapat dipraktekkan dalam komunitas santri yang saling mendukung.

  4. Pembinaan kebersamaan dalam satu asrama yang satu tingkatan akan memberikan rasa persaudaran yang baik, sehingga menimbulkan suasana belajar yang sangat kondusif dalam pembelajaran.

    #Ke Empat : Sistem Pembinaan Wirausaha

  1. Santri diberikan pembinaan dan pelatihan usaha berbagai kemampuan dan skill yang langsung dipraktekkan dalam dunia usaha home industry professional agar santri lebih mengerti seluk beluk dunia usaha sebaik mungkin, dan jiwa bisnis dapat berkembang lebih baik.

  2. Pembinaan dan pelatihan diberikan secara mendasar dan pengembangan serta pendalam dapat disesuaikan dengan minat dan bakat santri.

  3. Pembinaan dan pelatihan wirausaha diberikan sesuai dengan perkembangan dunia usaha yang di padukan dengan sistem komputerisasi, sehingga santri dapat lebih mengenali dan memahami perkembangan usaha yang sejenis dalam persaingan dunia bisnis.

  4. Sistem Pelatihan dan pembinaan wirausaha diberikan bertujuan untuk menumbuhkan mental dan skill bagi santri agar lebih siap untuk menatap masa depannya nanti.

    #Ke Lima : Memprioritaskan pembinaan Bahasa Arab dan Inggris

  1. Rumah santri Asy-syifa memprioritaskan pembinaan Bahasa Arab dan Inggris bagi santrinya, karna Bahasa adalah kunci ilmu.

  2. Santri diwajibkan berbahasa Arab atau inggris dalam lingkungan rumah santri untuk menjadikan dua Bahasa asing lebih cepat dikuasai dan dimengerti oleh santri.

  3. Santri diwajibkan untuk menguasai Bahasa Arab dan inggris secara lisan dan tulisan dengan baik dan benar.

    #Ke Enam:  Memprioritaskan pembinaan amalan ruhiyah dan praktek ibadah

  1. Rumah santri kreatif asy-syifa menyusul jadwal harian yang mengharuskan santri teratur dalam mengerjakan ibadah sahalat wajib dan Sunnah, serta puasa Sunnah senin dan kamis.

  2. Membiasakan santri dalam ibadah dalam lingkungan rumah santri akan memberikan pengaruh rohani yang bersandar kepada keyakinan Ilahiyah.

  3. memberikan pembinaan ilmu-ilmu syariat yang bersifat praktis dengan pengawasan amalan terhadap masing-masing santri.

    #Ke Tujuh : Memberikan pelatihan computer secara maksimal dan akses internet secara tararah.

  1. Rumah santri memberikan pembinaan aplikasi computer kepada santri secara lebih entensif.

  2. pembinaan ilmu-ilmu computer yang berkaitan langsung dengan dunia usaha disesuaikan dengan minat dan bakat santri sperti: photo shop, coreldraw, auto cad, editing video, web programmer, disaigne grafis, internet marketing dll

  3. Memberikan pembinaan dan arahan dalam berkomunikasi dalam dunia maya dan penguasaan dunia informasi. santri diberikan kelonggaran untuk berinteraksi dengan dunia maya secara terkontrol dan terawasi, sehingga mereka terarah dalam menggunakan internet dan bertanggung jawab dalam setiap akses yang mereka lakukan sebagai seorang generasi muslim.