METODE PENGAJARAN DAN KITAB BAHASAN

Kurikulum yang di gunakan:

Untuk dapat mengisi keseimbangan para peserta didik di usia remaja produktif dan mengarahkan mereka agar menjadi insan kamil harapan ummat, kami menggabungkan kurikulum Diniyah dan Diknas, agar mereka siap melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi di univertas-universitas ternama baik dalam maupun luar negri.

Pola pengajaran dan Kitab Rujukan:

Muhammad bin Sirin rahimahullah, beliau mengatakan:
إن هذا العلم دين فانظروا عمن تأخذون دينكم
“Ilmu ini adalah bagian dari agama kalian, maka perhatikanlah baik-baik dari siapa kalian mengambil ilmu agama”

(Diriwayatkan oleh Ibnu Rajab dalam Al Ilal, 1/355).

Diantara bentuk pertanggung jawaban dan ke hati-hatian kami dalam memberikan ilmu Agama agar tetap berada dalam jalur ahlu sunnah wal jamaah adalah dengan merujuk kepada Kitab-Kitab yang mengantarkan pemahaman yang benar dalam berbagai disiplin Ilmu.

Disamping itu tentu saja menggunarkan metode talaqqi (hubungan langsung guru dan murid) dalam jumlah yang terbatas dan kekeluargaan, agar interaksi guru dan murid intensif, sehingga menambah gairah belajar dan guru dapat memantau perkembangan intelektual murid dalam belajar.

Sistem yang digunakan dalam  proses belajar dan mengajar di Rumah Santri Kreatif Asy-Syifa adalah Sistem Talaqqi (pengajaran bimbingan langsung berhadapan murid dan guru) yang disesuaikan dengan kondisional para santri. Di antara metode dan Kitab bahasan yang dijadikan rujukan yang kami gunakan sbb:

MATA PELAJARAN KHUSUS PESANTREN (DINIYAH)

1. Tahfidz AlQuran

Rumah Santri Kreatif Asy-Syifa memprioritaskan pembinaan tahfidz Quran pada setiap santrinya, karena sebagai pesantren Tahfidz Qur’an kami memandang dasar utama seorang muslim menjadi ulama dimulai dengan menghafal AlQuran sebagai mana para ulama Mazhab dahulu, Seperti Imam Asy-Syafe’i hafal Qur’an usia 7 tahun, Imam Malik usia 9 tahun, setelah itu mereka menghafal hadits dan pendalaman ilmu Bahasa dan lain sebgainya.

Metode yang kami gunakan dalam pembinaan Tahfidz adalah:

  • Tahsih: memperhatikan cara baca dengan merujuk kepada Ilmu Tajwid. Buku yang kami gunakan sebagai rujukan dalam memandu Tajwid para santri adalah : Tajwid Lengkap Asy Syafii oleh :Abu Ya’la Kurnaedi, Lc
  •  

  • Tasmi’ : Setelah Bacaan mereka benar sesuai Tajwid baru dihafal dengan memberikan arahan Setoran Hafalan setiap hari sesuai kemampuan santri.
  • Takrir : Dalam hafalan tertentu diprogramkan untuk mengulang hafalan yang sudah di setor agar hafalan menjadi lebih kuat.
  •  
  •  
  • Muraja’ah: Dalam waktu tertentu dijadwalkan Mengulang seluruh hafalan agar hafalan bisa mencapai tingkat Mutqin.
  • Pengajaran Adab/Akhlaq
  • Para Santri Penghafal AlQur’an harus memiliki Adab dan Akhlaq AlQur’an karena penghafal alQuran adalah pewaris para Nabi yang wajib memiliki Akhlaq yang mulia, maka kami membimbing para santri dengan membina mereka membahas Kitab At-Tibyan Adab fie hamalatil Qur’an oleh Imam An Nawawi yang kami ajarkan secara halaqah.
  • Untuk membentuk Karakter/Akhlaq diajarkan Akhlaq lil banin dan akhlaq lil banat Oleh Syekh Umar Baradja untuk tingkat Tsanawiyah dan Kitab Idhatun Nasyiin untuk Tingkat Aliyah Oleh Syekh Mustafa Alghalayain 


Hafalan Hadits

Program utama kedua adalah menghafal Hadits pilihan sebagai pondasi bagi cikal bakal seorang ulama, program ini kami terapkan mulai dari Kitab Hadits yang ringan dengan menghafal beberapa Kitab Hadits yang kami tentukan yaitu: HADITS ARBAIN, UMDATUL AHKAM, LULUK WAL MARJAN DAN BULUGHUL MARAM. EMpat Kitab Hadits utama buah pilihan Para ulama hadits terkemuka Umat Islam. Dan Hafalan di sesuaikan dengan kemampuan santri.

 

Pelajaran Aqidah

Perhatian Utama yang sangat penting bagi kami dalam program pendidikan di Rumah santri Kreatif Asy-Syifa adalah pelajaran Aqidah Islam, Maka kami memilih Kitab yang menjadi rujukan Ahlu Sunnah wal Jamaah dalam pengajaran Aqidah Islam : yaitu Kitab Aqidah atTahahawiyah Oleh Abu Ja’far Ath-Thahawi. sebuah kitab tentang rangkuman akidah Islam yang ditulis oleh Imam Abu Ja’far Ath-Thahawi (w.321 H (932/933 M). Kitab ini merupakan buku pedoman yang terdiri dari 105 poin inti keyakinan dalam pandangan Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Kitab ini secara historis telah menjadi kitab akidah yang paling diakui oleh mayoritas muslim dari seluruh mazhab akidah Sunni. dan selajutnya di tingkat ‘Aliyah untuk pendalaman Ilmu Aqidah ini membahas Kitab Syarah  Ath_tahawiyah oleh Ibnu Abil Izz al-Hanafi; ini adalah kitab penjelasan yang paling popular dalam kalangan ulama ahlu Sunnah wal jamaah.

Untuk menanamkan Tsaqafah dalam bidang Aqidah, ibadah dan tasawuf di kaji Kitab syarah Sulam Taufiq (dalam bentuk kajian Halaqah) judul  Kitab Mirqoti Shu'udis Tashdiq fi Syarhi Sulamit Taufiq yang di susun oleh Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Banten

 

Pembelajaran Bahasa Arab

Dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai ilmu kunci utama dalam memahami ilmu-ilmu syariat Islam, maka pelajaran ini menjadi perhatian utama kami dalam system dan pola pengajarannya, agar setiap santri menaruh minat yang penuh dan perhatian yang serius terhadap Bahasa Arab ini. Kami mengawali pengenalan Bahasa Arab percakapan kepada mereka, dan menerapkan komunikasi Wajib berbahasa Arab dalam keseharian mereka, sehingga Bahasa Arab bagi santri menjadi Bahasa harian. Dari sini menumbuhkan minat yang kuat untuk lebih memahami. ilmu-ilmu Bahasa Arab

Untuk pelajaran Bahasa Arab yang diarahkan untuk percakapan dalam Bahasa yang benar Rumah Santri Menggunakan Kitab Durus lughah 1, 2 dan 3.

Untuk Pembelajaran Nahu dan Saraf  Rumah Santri Kreatif Asy-Syifa menggunakan Kitab Matan Aj-Jurmiyah untuk pemahaman dasar dilanjutkan dengan AlMumti’ fie sarah Aj Jurmiyah dan pendalaman menggunakan Kitab Mutammimah aj jurmiyah oleh Syekh Mumammah Bin Muhammad Ar Ru'aini dan Kitab Qawa'id lughah arabiyah oleh Fuad Ni’mah dan Kitab Alfiyah Ibnu Malik.

 

Ilmu Saraf

Untuk menguasai Ilmu Saraf Menggunakan Amstilatus tasrif dan Kitab Tasrif, pelajaran saraf ini lebih banyak diarahkan kepada latihan praktek, sehingga santri menguasai perobahan kalimat dengan baik yang merujuk kepada buku pedoman ajaran. Kitab yang digunakan untuk bahasan Ilmu Saraf ini adalah: Amstilatul Tasrif Oleh Ma'shum Ali dan Kitab Tasrif Oleh Hasan Bin Ahmad kemudian dilanjutkan untuk pendalaman dengan pembahasan Kitab: Syadzul urf fi fannis sharfi ilmu sharaf oleh : al hamalawy.


Pelajaran Ushul Fikih

Dalam memahami istinbat hukum syariat Islam, para ulama ahlu Sunnah wal jamaah telah menyusun metode ilmu khusus yang disebut ilmu ushul fikih, hal ini menjadi perhatian khusus bagi rumah santri kreatif asy-syifa, bahwa bidang study ini harus dikuasai dengan baik agar dapat memahami terjadinya ikhtilaf dalam bidang fikih, sehingga perbedaan itu difahami berdasarkan konsep ilmu yang benar, dan memahami mekanisme instinbath hukum yang benar, sehingga para santri mengerti perbedaan yang menyimpang dan perbedaan yang berbasis pada qaedah ilmu yang benar.

Untuk pelajaran Ushul Fikih ini Asy-Syifa menggunakan kitab dasar  pemahaman dasar ilmu ushul fikih Mabadi Awaliyah, Albayan dan As-Sulam oleh Abdul Hamid Hakim. dan untuk pendalaman menggunakan Kitab Jami' Al Jawami' fie Ushul Oleh AlQadhi Tajuddin Abdul Wahab bin Ali Assubki.

 

 

Pelajaran Fikih

Dalam Pelajaran Fikih, Rumah Santri Kreatif Asy-Syifa mengjarkan Fikih Mazhab Asy-Syafi’I dikarenakan Indonesia mayoritas mazhab Syafi’I, walau secara staqafah diberikan juga wawasan tentang perbedaan pendapat dalam Mazhab yang Empat merujuk kepada Kitab Fiqhul Islam wa Adilatuhu Oleh Wahbah Az zuhaili (sebagai wawasan), Namun secara khusus mengajarkan fikih mazhab Asy-Syafi’I dengan memakai kitab  dasar Fikih Imam As-Syafi’I dengan membahas Kitab Fikih Ghayah wa Taqrib atau dikenal dengan Matan Abu Syuja’ oleh Al-Qodhi Abu Syuja’ Ahmad bin Husain bin Ahmad Al-Ashfahaniy.

Selanjutnya dikaji Kitab pensyarahnya yang ringkas adalah Kitab “Fathul Qarib al Mujib" oleh Ibnu Qasim yang dikenal juga dengan Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin Qasib Al-Ghoozi

Dilanjutkan dengan pendalaman membahas syarahnya dengan menggunakan Kitab Kifayatul Akhyar oleh Taqiyuddin Abubakar bin Muhammad Al Husaini.



Pelajaran Ulumul Qur’an

Dalam Bidang Study Ulumul Qur’an Rumah Santri Menggunakan Rujukan KItab: Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an oleh Manna’ al-Qaththan dan menggunakan Kitab Tafsir Jalalain untuk pelajaran Tafsir. oleh Jalaluddin al-Mahalli dan  Jalaluddin as-Suyuthi.

 

 

Pelajaran Ulumul Hadits

Ulumul Hadits merupakan pengajaran yang cukup penting bagi santri dalam membentuk pola berfikirnya, karena santri harus mengetahu seluk beluk hadits, baik dari segit sanad dan matan. Dalam mata pelajaran ini Rumah Santri Asy-Syifa menggunakan Kitab bahasan: Taisir Mustalah Hadits oleh: Dr. Mahmud ath-Thohan. dan Kitab al-Mandzumah al-Baiquniyyah OLEH ‘Amr bin Muhammad bin Futuh al-Dimasyqi al-Syafi’i al-Baiquni (W.1080) DAN kitab Nukhbatul Fikar karya Imam  Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani

 

 

Pelajaran Tarekh Tasyri’

Dalam memahami sejarah pertumbuhan fikih dan ilmu fikih, RSK asy-syifa menggunakan Kitab yang terkenal dalam disiplin ilmu Tarekh Tasyri’ dengan menggunakan Kitab bahasan: Tarekh Tasyri’ Al Islamy oleh Khudhari Beik

Pelajaran Tarekh Islam

Rumah Santri Menggunakan Kitab Bahasan Khulasah Nurul Yaqin oleh Umar Abdul Jabar Jilid 1 , 2 dan 3.

 

MATA PELAJARAN UMUM

Untuk dapat mengikuti Perkembangan Ilmu yang sejajar dengan Tingkatan dan agar mampu melanjutkan Study ke jenjang Perguruan Tinggi manapun baik di dalam maupun luar Negri , Rumah Santri Kreatif Asy-Syifa juga memberikan Pelajaran umum sebagaimana layaknya sekolah formal pada umumnya dengan mata pelajaran :

Matematika                                Menyesuaikan Kurikulum Nasional

Bahasa Inggris                             Menyesuaikan Kurikulum Nasional

Bahasa Indonesia                      Menyesuaikan Kurikulum Nasional

PPKN                                              Menyesuaikan Kurikulum Nasional

IPS                                                   Menyesuaikan Kurikulum Nasional

IPA                                                 Menyesuaikan Kurikulum Nasional

Ilmu Teknologi Komputer kurikulum disesuai dengan perkembangan dan kebutuhan.